Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), sekarang terdapat 104 perusahaan sekuritas atau broker saham di seluruh nusantara. Hal ini tentunya menimbulkan kebingungan tersendiri bagi calon investor, khususnya generasi milenial yang belum familiar dengan dunia investasi keuangan. Manakah broker saham terbaik untuk trading online?

Bagi investor pemula yang telah mengikuti sekolah pasar modal (SPM) dan sekolah pasar modal syariah (SPMS), ada baiknya bergabung dengan broker saham yang mensponsori kegiatan itu saja. Selain tata cara pendaftaran sudah dipermudah, Anda juga bisa membuka rekening investasi dengan modal awal sekecil Rp100,000 saja.

Sekedar informasi, banyak broker yang menuntut modal awal hingga jutaan rupiah, meskipun mereka memperbolehkan modal rendah khusus untuk peserta SPM dan SPMS. Bahkan, para broker sponsor SPM/SPMS itu seringkali bagi-bagi modal trading saham gratis! Jadi, jelas sekali, ini merupakan sebuah peluang bagus untuk bergabung dengan broker saham elite tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Apabila Anda tidak pernah mengikuti SPM/SPMS, atau ingin menambah rekening investasi lagi, barulah menjelajah untuk menemukan broker saham terbaik dan paling cocok dengan kebutuhan Anda. Sebagai referensi, berikut ini ulasan sejumlah broker saham terbaik untuk trading online yang masuk dalam radar tim kami.

Broker Saham Terbaik Untuk Trading Online

 

1. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas mengusung platform trading online melalui aplikasi IPOT yang dapat diakses via desktop. Ini adalah broker saham terbaik untuk investor pemula, karena tak menentukan minimal setoran modal awal sama sekali. Calon investor cukup menyetorkan dana sebesar yang dibutuhkan untuk membeli saham saja. Broker ini juga memfasilitasi investasi reksa dana dengan minimal modal awal Rp 100,000.

 

2. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Aplikasi trading saham online milik Mirae yang bernama HOTS merupakan pesaing ketat IPOT dalam menarik perhatian investor Indonesia. Platform ini termasuk salah satu yang paling canggih, meskipun versi terbarunya sering menghadapi kendala teknis. Selain memiliki dengan watchlist dan beragam perangkat wajib lain; HOTS juga dilengkapi dengan sistem auto-trading, stop loss, dan forum investor terintegrasi.

 

3. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas memfasilitasi trading saham online melalui tiga platform, yakni eSmart, Zaisan, dan BIONS. Diantara ketiganya, BIONS merupakan versi terbaru dan paling canggih, dapat diakses melalui website (desktop) maupun aplikasi (mobile). Interface ringkas, enak dilihat, dengan navigasi yang nyaman dan visual yang eye-catchy. Aplikasi memuat fasilitas lengkap mulai dari portofolio, watchlist, stock comparison, fundamental, automatic order, berita, dan aksi korporasi. Sangat cocok untuk investor saham yang mengandalkan analisis fundamental.

 

4. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas menyediakan platform trading saham online MOST untk transaksi via dekstop (software) maupun mobile (aplikasi). Platform telah dilengkapi dengan fitur Automatic Order. Selain itu, Mandiri Sekuritas dikenal sebagai salah satu penjamin emisi paling aktif di BEI, sehingga cocok bagi Anda yang berminat untuk memborong saham-saham IPO.

 

5. Henan Putihrai Sekuritas

Platform trading HPX yang diboyong oleh Henan Putihrai Sekuritas dapat diakses melalui desktop maupun mobile, serta telah dilengkapi kapabilitas untuk memesan saham sebelum jam bursa aktif. Selain itu, ini merupakan broker saham terbaik bagi umat Islam yang menghendaki investasi sepenuhnya syariah.

Modal awal untuk pembukaan akun syariah paling murah disediakan oleh broker ini. HP Sekuritas juga telah bekerjasama dengan BAZNAS untuk membuat program Zakat Saham. Artinya, Anda dapat menzakatkan ataupun mewakafkan saham secara langsung melalui HP Sekuritas, untuk kemudian hasil investasinya disalurkan melalui BAZNAS.

Nah, manakah yang Anda suka diantara beberapa broker saham terbaik ini? Apabila ragu, cobalah mendaftar lalu menyetorkan modal awal minimal dan bertransaksi saham kecil-kecilan dulu. Setelah mantap, baru tingkatkan modal dan transaksi Anda. Sekalipun kemudian kurang cocok, Anda bisa membuka akun di broker saham terbaik lainnya, karena tak ada batasan mengenai jumlah akun yang boleh dimiliki.