Aktivitas trading Option Saham termasuk investasi high-risk, tetapi semakin lama semakin menarik perhatian trader Indonesia. Secara sederhana, trading Option Saham dapat dipahami sebagai jual-beli derivatif saham. Namun, struktur biaya dan cara trading bisa sangat rumit bagi pemula. Untuk itu, trader pemula yang berminat sebaiknya tak bergabung dengan sembarang broker Option Saham.

Broker Option Saham yang cocok bagi pemula setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama, minimal setoran modal awal rendah. Kedua, perangkat analisis dan manajemen portofolio dalam sebuah platform trading yang bagus. Ketiga, menyediakan edukasi trading Option Saham yang mudah dipahami oleh pemula. Selain itu, broker Option Saham yang cocok bagi pemula juga sebaiknya memiliki struktur biaya relatif sederhana.

Jadi, mana sajakah broker Option Saham yang cocok bagi pemula ini? Sebagai panduan awal Anda mencari pialang, tim Kedaitrading telah menghimpun data tiga broker Option Saham terbaik asal Amerika Serikat sesuai kriteria tadi. Simak di bawah ini.

Broker Option Saham Cocok Bagi Pemula

Interactive Brokers

Interactive Brokers dikenal sebagai salah satu broker Option Saham terbaik bagi pemula, karena empat keunggulan utama:

  1. Tak ada minimal setoran modal awal; Anda bisa melakukan deposit berapapun sesuai dengan harga kontrak Option yang diminati.
  2. Bebas fee per trade, sedangkan potongan komisi broker per kontrak hanya 0.70 sen USD.
  3. Banyak materi edukasi seputar trading Option Saham (Stock Options).
  4. Platform trading Trader Workstation memiliki antarmuka sederhana yang mudah dipergunakan. Aplikasi mobile-nya bahkan dapat dioperasikan dengan voice commands.

Terlepas dari kelebihan-kelebihan tersebut, Interactive Brokers juga memiliki beberapa kelemahan. Keluhan yang beredar menyebutkan bahwa platform trading hanya dapat dibuka pada satu gadget saja dalam satu waktu. Artinya, Anda tak bisa membuka platform di PC dan mobile app dalam waktu bersamaan. Selain itu, broker juga "mendenda" trader pasif dengan mengenakan fee minimal 10 USD per bulan untuk akun bersaldo kurang dari 100,000 USD atau membayar komisi kurang dari 10 USD per bulan.

 

TD Ameritrade

TD Ameritrade menawarkan sederetan fasilitas istimewa bagi para trader, antara lain:

  1. Tak ada minimal setoran modal awal; Anda bisa melakukan deposit berapapun sesuai dengan harga kontrak Option yang diminati.
  2. Koleksi materi edukasi beragam, mulai dari artikel tentang dasar-dasar Option, video tutorial, hingga live coaching. Materi trading umum dapat diakses bebas di situs TDAmeritradeNetwork.com, sedangkan materi khusus Option Saham sudah terintegrasi dalam platform trading thinkorswim.
  3. Latihan trading Option Saham menggunakan simulator.
  4. Platform thinkorswim memungkinkan streaming data dalam beberapa gadget dalam waktu bersamaan. Platform ini juga memiliki perangkat lengkap untuk membantu trader memilih strategi trading Option favorit.

Dibandingkan dengan Interactive Brokers, TD Ameritrade mengenakan biaya trading lebih besar. Ada fee 6.95 USD per trade, ditambah fee 0.75 sen USD per kontrak. Akan tetapi, koleksi materi edukasi yang disediakannya jauh lebih banyak dan komplit dibandingkan broker Option Saham manapun.

 

Charles Schwab

Media The Balance menobatkan Charles Schwab sebagai penyedia platform trading Option Saham terbaik bagi pemula (trader baru), khususnya karena layanan konsumen yang sempurna. Selain itu, broker Option Saham ini juga menyediakan:

  1. Hasil riset dan materi edukasi unggulan yang dirancang khusus untuk membantu trader berkembang dari nol. Platform juga menghadirkan ide-ide trading yang bisa langsung diterapkan.
  2. Platform trading StreetSmart mudah dipergunakan untuk investasi dan trading beragam jenis aset melalui desktop, web, maupun mobile.

Akan tetapi, trader pemula yang berkocek terbatas perlu berpikir dua kali sebelum bergabung dengan Charles Schwab. Setoran modal awal minimal untuk trading Option mencapai 1,000 USD. Ada pula fee 0.95 USD per trade dan fee 0.65 sen USD per kontrak.

 

Nah, setelah menyimak beberapa broker Option Saham dalam daftar ini, manakah yang akan Anda pilih? Saat Anda menjelajah mesin pencari untuk menemukan situs broker-broker tersebut, bisa jadi akan menghadapi masalah gagal buka halaman web. Hal ini wajar, karena pemerintah memblokir akses trader Indonesia ke broker-broker Option Saham asal Amerika Serikat ini. Agar bisa mendaftar dan mulai trading, sebaiknya memasang VPN atau proxy sebagai perangkat pembantu.

Satu hal lagi perlu diingat saat Anda baru saja terjun dalam bisnis ini: sebaiknya hindarilah broker-broker yang memiliki struktur fee rumit dan modal awal terlalu tinggi. Berlatihlah dulu menggunakan platform broker berfitur sederhana dan berbiaya murah. Setelah mahir, barulah berpetualang mencari broker-broker penyedia platform trading canggih yang mengenakan biaya trading lebih tinggi. Ingat, aktivitas trading berisiko tinggi, sedangkan risiko hanya dapat dikurangi dengan belajar dan berlatih trading Option Saham semaksimal mungkin.