Pendaftaran akun trading XM bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Baik untuk akun demo maupun riil, trader hanya perlu mengikuti langkah pendaftaran yang cukup singkat dan tidak berbelit-belit. Berikut prosedur registrasi akun trading di broker XM.

cara daftar akun xm


Daftar Akun Demo

Anda hanya perlu menjalankan 7 langkah di bawah ini untuk bisa membuka akun demo di XM:

  1. Buka situs resmi XM. Untuk mengganti support bahasa, Anda bisa memilih Bahasa Indonesia pada fitur bahasa di pojok kanan atas halaman.
  2. Klik "Buka Akun Demo".
  3. Isikan data pribadi seperti nama, tempat tinggal, alamat email, nomor telepon, mata uang dasar, leverage, dan jumlah investasi. Jangan lupa untuk mencentang tanda persetujuan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Klik "Buka Demo Akun"
  5. Anda akan langsung mendapatkan nomor login dan password MT4. XM juga mengirimkan informasi ini ke alamat email Anda, sehingga data login tersebut bisa tetap tersimpan dengan aman di "inbox" email Anda.
  6. Unduh platform trading, install aplikasi tersebut, dan masukkan login serta password sesuai dengan data yang telah Anda peroleh sebelumnya.
  7. Trading demo Anda siap dimulai.

XM memberikan dana virtual hingga 100.000 USD dan pilihan leverage yang bervariasi mulai dari 1:1 hingga 1:888. Selain itu, pilihan mata uang dasar juga disediakan dalam banyak jenis mulai dari USD hingga ZAR.

 

Daftar Akun Riil

XM menyediakan dua tahapan pendaftaran akun riil, yaitu tahap registrasi dan tahap verifikasi. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai langkah-langkah daftar XM yang bisa Anda ikuti:

 

A. Tahap Registrasi

Pada tahap ini, trader perlu mengisikan data personal untuk memperoleh nomor login dan password. Langkah-langkah registrasi akun trading XM:

1. Buka homepage XM dan klik "Buka Akun Riil"

2. Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran dengan format seperti ini:

Data personal yang Anda isikan selanjutnya akan diverifikasi, jadi pastikan jika data yang Anda isikan telah sesuai dengan kartu identitas resmi Anda.

3. Setelah melengkapi isian di atas, klik "Lanjut Ke Langkah 2".

4. Pada bagian ini, Anda akan diminta untuk mengisikan data diri yang lebih spesifik, seperti tanggal lahir, nomor KTP/SIM/Passpor, alamat lengkap, dan detail kontak.

Anda juga akan mendapati pertanyaan tentang akun perdagangan, informasi investor, serta pengetahuan dan pengalaman trading di bagian bawah. Anda hanya perlu mengkondisikan jawaban Anda sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan trading Anda.

Di bagian ini, Anda perlu memilih Tipe Akun, Jumlah Investasi, Mata Uang dalam Akun, dan Leverage. Untuk mempermudah proses pemilihan, tentukan dulu tipe akun yang Anda inginkan. XM menyediakan 2 jenis akun trading, yaitu Mikro dan Standard. Jika Anda ingin bertrading dengan spesifikasi yang ringan, Anda bisa memilih akun Mikro. Sementara itu, akun Standard disesuaikan untuk trader yang lebih berpengelaman dengan target profit di atas rata-rata.

Menentukan tipe akun akan memudahkan Anda memilih Jumlah Investasi dan Leverage. Jika Anda memilih tipe akun Standard, Anda akan difasilitasi dengan fitur ekstra yaitu pilihan Jumlah Investasi senilai $100.000+. Perlu diperhatikan bahwa semakin banyak kisaran investasi yang ditentukan, maka semakin rendah pula tingkatan leverage yang bisa Anda pilih.

XM telah menyediakan range jawaban yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi dan tujuan trading Anda. Detail informasi yang diperlukan di bagian ini meliputi Perkiraan Pendapatan Dalam USD, Perkiraan Kekayaan Dalam USD, Jenjang Pendidikan, Status Pekerjaan, dan Tujuan Trading. Kolom "Bidang Usaha" dan "Sumber Penghasilan" akan muncul tergantung dari jawaban Anda di bagian "Status Pekerjaan".

Broker XM juga memerlukan detail informasi mengenai pengetahuan dan pengalaman Anda di dunia trading. Jawaban di bagian ini berpengaruh terhadap banyaknya konfirmasi yang perlu Anda centang. Misalnya, konfirmasi tambahan akan muncul jika Anda memilih "Tidak" pada salah satu keterangan di atas. Selain itu, konfirmasi tambahan juga akan muncul apabila Anda menyatakan bahwa volume trading dalam 2 tahun terakhir kurang dari 100 lot, sertajika frekuensi trading Anda "jarang" atau "terkadang".

Perbedaan jumlah konfirmasi berdasarkan jawaban trader pada Pengetahuan dan Pengalaman Trading
(Klik untuk memperbesar gambar)
 
 
4. Lanjutkan ke bagian konfirmasi, dan bacalah dengan seksama hal-hal yang akan Anda setujui. Bila perlu, baca dengan teliti kebijakan-kebijakan XM dengan membuka link-link tautan yang disertakan.

5. Centang tanda persetujuan di bagian konfirmasi, lalu klik "Buka Akun Riil"

6. Anda akan menerima konfirmasi pembukaan akun dengan tampilan seperti ini:

7. Selanjutnya, cek email Anda untuk memperoleh nomor login dan password yang dikirimkan XM.

 

B. Tahap Verifikasi

Pada tahap ini, Anda perlu melengkapi proses verifikasi untuk memvalidasi identitas diri yang telah Anda isikan di tahap registrasi. Berikut langkah-langkah verifikasi yang perlu Anda ikuti:

1. Buka Member Area

2. Isikan nomor login dan password sesuai dengan detail yang sebelumnya Anda dapatkan via email. Jika Anda belum melakukan verifikasi, akan muncul peringatan seperti ini pada Member Area Anda.

Dapat dilihat bahwa status akun Anda masih "Pending" jika Anda belum melakukan verifikasi. Dengan status ini, Anda hanya bisa melakukan deposit. Trading dan penarikan dana baru bisa dilakukan apabila Anda sudah menyelesaikan proses verifikasi.

3. Klik "Validasi Akun Anda Disini"

5. Terdapat 2 jenis scan dokumen resmi yang perlu diunggah, masing-masing berfungsi sebagai bukti identitas dan bukti alamat. Klik "pilih" untuk mengunggah dokumen yang diperlukan.

6. Pilih "Unggah Dokumen Anda" setelah menyelesaikan proses Upload.

7. Setelah akun terverifikasi, unduh platform MT4 dan Anda bisa mulai trading secara live di XM.

 

Klaim Bonus

Setelah login di Member Area, Anda akan mendapat tawaran untuk mengklaim bonus deposit XM. Karena jenis bonus yang bisa berbeda-beda di setiap periode, Anda bisa mengikuti promosi terbaru XM di bagian ini.

Anda tetap berkesempatan untuk meraih bonus deposit meskipun belum memverifikasi akun trading Anda. Hal ini memungkinkan, sebab Anda juga bisa melakukan deposit meski status akun masih "Pending". Dalam hal ini, bonus deposit memang dihitung berdasarkan banyaknya dana yang Anda depositkan.

Namun mengingat ketentuan bonus yang secara umum akan dikreditkan sebagai tambahan balance di akun trading Anda, ada baiknya untuk melengkapi proses verifikasi dulu sebelum deposit XM dan mengklaim bonus yang ditawarkan.

Jika Anda menemui hambatan saat ingin membuka halaman panduan deposit XM, ikuti petunjuk buka aksesnya di halaman ini.

 

First Deposit XM

XM berkerja sama dengan Sentraegold untuk memberikan rate deposit khusus bagi Anda yang mendaftar akun XM via link referral. Tidak hanya pada deposit pertama, pemilik akun referral di Sentraegold juga dilengkapi dengan kurs tukar untuk deposit dan withdrawal yang memiliki spread terendah. Kondisi ini terbilang menguntungkan, sebab Anda bisa deposit dengan biaya yang lebih rendah dan ketika melakukan penarikan, selisih rate yang dibayarkan juga tidak terlalu banyak. Informasi lebih lanjut mengenai first deposit dapat dibuka di halaman ini. Untuk melihat kurs deposit dan withdrawal XM di Sentraegold, silahkan buka halaman ini.

 

Saat membuka akun trading XM, Anda bisa memilih 3 jenis akun yang disediakan. Ada akun Micro, Standard, dan Zero, yang masing-masing punya kelebihan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan dan kondisi trading Anda. Tak peduli apapun akunnya, Anda juga bisa mendapatkan bonus rebate untuk setiap trading dari Sentraegold.