IC Markets merupakan broker forex Australia yang teregulasi ASIC dan menyuguhkan keunggulan trading dengan akun ECN. Karena memiliki spesifikasi akun yang terjangkau (untuk sekelas broker ECN dan teregulasi), IC Markets banyak dilirik oleh trader Indonesia. Nah, bagaimana cara daftar IC Markets yang paling mudah untuk trader Tanah Air?

Cara Daftar IC Markets Untuk Trader Indonesia
Menurut keterangan yang tertera di situs broker, cara daftar IC Markets tidak rumit dan sangat singkat. Registrasi akun demo hanya memerlukan waktu sekitar 30 detik, sedangkan buka akun live bisa dilangsungkan dalam 2 menit saja. Panduan berikut akan menjelaskan langkah-langkah cara daftar IC Markets dengan petunjuk gambar.

I. Cara Daftar IC Markets: Tahap Buka Akun Demo

1. Buka situs resmi broker IC Markets.

2. Agar cara daftar IC Markets berlangsung lebih mudah, Anda bisa mengganti dukungan bahasa situs ke Bahasa Indonesia.

Cara Daftar IC Markets - Pilih Bahasa
3. Kemudian, klik Coba Demo.

Cara Daftar IC Markets Akun Demo 1
4. Lengkapi formulir buka akun demo dengan data pribadi Anda.

Cara Daftar IC Markets Akun Demo 2
Kolom Merujuk ID wajib diisi hanya jika Anda mencentang bagian "Saya dirujuk oleh Introducing Broker". Apabila Anda membuka situs broker IC Markets melalui link referral, maka kolom ID bisa terisi secara otomatis begitu Anda mencentang keterangan IB.

5. Setelah melengkapi form di atas, silahkan klik tombol Terima Deklarasi & Kirim.

6. Sebelum berlanjut ke cara daftar IC Markets berikutnya, cek email Anda untuk menemukan data login ke Member Area.

Cara Daftar IC Markets Akun Demo 3
Sebaiknya simpan baik-baik password yang diberikan, karena data itu akan selalu Anda gunakan untuk mengakses Member Area.

7. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan cara daftar IC Markets sesuai arahan broker, dimana Anda akan diminta untuk mengisi detail akun demo yang akan dibuka.

Cara Daftar IC Markets Akun Demo 4

Panduan menentukan sepesifikasi akun:

  1. Trading Platform: Terdapat 3 jenis platform yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah MetaTrader 4, MetaTrader 5, dan cTrader.
  2. Jenis akun: Anda bisa buka akun demo dengan tipe TrueECN atau Standard. Spesifikasi masing-masing akun trading tidak tersedia di panduan cara daftar IC Markets, sehingga perlu dipelajari secara terpisah di halaman ini.
  3. Mata uang: Bagian ini mempersilahkan Anda untuk memilih mata uang dasar (base currency) yang akan digunakan. Opsi mata uang dasar di broker IC Markets terdiri dari 8 mata uang mayor dan 2 mata uang Asia (Dolar Hong Kong dan Dolar Singapura).
  4. Pengaruh: Merupakan tingkat leverage yang tersedia dalam kisaran 1:1 hingga 1:500.
  5. Setoran awal: Jumlah balance virtual yang bisa Anda gunakan untuk trading di akun demo. Jumlahnya berkisar antara 200 sampai 5,000,000. Jika masih pemula, sebaiknya Anda tidak menggunakan balance lebih dari 10,000. Di samping itu, memilih dana yang jumlahnya paling mendekati kemampuan modal di akun live akan lebih baik untuk melatih kebiasaan trading dan money management Anda.

8. Klik Proceed, lalu Anda akan menjumpai halaman ini.

Cara Daftar IC Markets Akun Demo 5
9. Sesuai instruksi, silahkan cek kembali email Anda untuk melihat data login akun trading yang dikirimkan ke broker IC Markets.

Cara Daftar IC Markets Akun Demo 6
Berbeda dengan email sebelumnya, data login ini digunakan untuk mengakses akun dan menjalankan platform trading. Selain itu, terdapat panduan lebih lanjut tentang cara masuk ke platform dan menggunakannya untuk trading demo.

10. Unduh platform pilihan Anda di sini:

11. Jalankan platform trading sesuai instruksi yang Anda peroleh di email sebelumnya.


II. Cara Daftar IC Markets: Tahap Buka Akun Live

1. Buka situs broker IC Markets di sini.

2. Sebelumnya, Anda bisa mengganti pilihan bahasa ke Bahasa Indonesia untuk mempermudah proses cara daftar IC Markets.

Cara Daftar IC Markets 1
3. Klik Buka Akun.

Cara Daftar IC Markets 2
4. Pada formulir pendaftaran awal di cara daftar IC Markets ini, silahkan isi data pribadi Anda dengan nama depan, nama belakang (keluarga), e-mail dan nomor telepon yang masih digunakan, dan kewarganegaraan Anda.

Cara Daftar IC Markets 3
Pastikan data yang diisikan di sini sesuai dengan kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), karena nantinya akan sangat berpengaruh pada kesuksesan tahap verifikasi.

5. Cek kembali data yang Anda tuliskan, kemudian klik tombol Berikutnya.

6. Cara daftar IC Markets untuk membuka akun live kemudian diteruskan dengan mengisi formulir lanjutan. Di sini, Anda perlu melengkapi tanggal lahir, alamat, dan kode pos.

Cara Daftar IC Markets 4
Sekali lagi, pastikan jika data yang Anda berikan telah benar dan sesuai dengan KTP. Untuk pilihan jenis akun di bagian paling atas, klik Individu jika Anda ingin buka akun untuk trading sendiri (tidak mewakili insititusi atau kerjasama dengan individu lain).

Sementara itu, kolom Merujuk ID perlu diisi jika Anda mencentang bagian "Saya dirujuk oleh Introducing Broker". Rujukan IB bisa menghubungkan Anda dengan afiliasi IC Markets yang memberikan keuntungan lebih seperti rebate.

7. Setelah menuntaskan tahapan cara daftar IC Markets sebelumnya, klik tombol Berikutnya.

8. Di bagian konfigurasi akun, silahkan pilih platform trading, tipe akun, dan mata uang dasar. Klik Berikutnya jika pilihan sudah ditentukan.

Cara Daftar IC Markets 5

9. Selanjutnya, akan ada kuesioner yang menjadi langkah terakhir dalam cara daftar IC Markets. Di sini, Anda perlu mengungkapkan pengalaman trading, memilih pertanyaan kemananan dan menjawabnya (sebagai pelapis keamanan akun), dan membaca dokumen persetujuan yang ditautkan dalam link Syarat dan Ketentuan dll. Setelah itu, Anda bisa menutup proses cara daftar IC Markets dengan mengklik Terima Deklarasi & Kirim.

Cara Daftar IC Markets 6

10. Usai melengkapi kuesioner, Anda akan langsung diarahkan ke Member Area untuk melangkah ke fase verifikasi. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengecek email untuk melihat data login yang dikirimkan broker IC Markets.

Cara Daftar IC Markets 7
Data di atas sebaiknya disimpan baik-baik, karena akan selalu digunakan untuk masuk ke Member Area IC Markets.


III. Cara Daftar IC Markets: Tahap Verifikasi

Tahap verifikasi dalam cara daftar IC Markets memiliki kedudukan yang lebih krusial dibanding verifikasi di broker lain. Hal itu karena IC Markets hanya akan memberikan kredensial platform (untuk login MT4) live setelah akun terverifikasi. Dengan demikian, Anda tidak bisa menunda tahap ini sampai ketika hendak melakukan withdrawal.

Untuk memulai proses verifikasi akun, berikut adalah panduan dalam cara daftar IC Markets yang bisa diikuti:
1. Jika Anda melanjutkan tahap terakhir dari fase cara daftar IC Markets di atas, maka Anda akan langsung diarahkan ke halaman verifikasi. Namun apabila Anda telah logout dari Member Area, maka silahkan login dulu dan klik Upload Dokumen di panel menu Profil Saya.

Cara Daftar IC Markets - Verifikasi 1
2. Berikut adalah halaman verifikasi akun di broker IC Markets:

Cara Daftar IC Markets - Verifikasi 2
Pada dasarnya, Anda perlu mengirimkan 2 jenis dokumen yang masing-masing berfungsi sebagai bukti identitas dan bukti kependudukan atau tempat tinggal. Bukti identitas bisa berupa scan berwarna dari Paspor, SIM, atau KTP yang masih berlaku. Sementara itu, bukti tempat tinggal bisa dilengkapi dengan mengirimkan scan akta kelahiran, bank statement, atau tagihan telepon/listrik/kartu kredit (dalam kurun waktu 3 bulan terakhir).

3. Silahkan upload masing-masing dokumen pada kolom yang tersedia. Sesuaikan dengan petunjuk cara daftar IC Markets, dimana bukti identitas diunggah di kolom sebelah kiri, sedangkan bukti tempat tinggal di-upload di kolom kanan.

4. Perhatikan setiap instruksi mengenai syarat kejelasan, format, dan ukuran dokumen yang hendak diunggah. Ketidaksesuaian pada salah satu petunjuk cara daftar IC Markets tersebut akan menghambat kelancaran proses verifikasi Anda.

5. Setelah meng-upload dokumen-dokumen yang diperlukan dalam cara daftar IC Markets, silakan tunggu hingga status akun sudah terverifikasi. Anda bisa memonitor perkembangan tersebut di tabel paling bawah pada halaman verifikasi.

6. Begitu proses verifikasi akun mendapat persetujuan dari broker IC Markets, Anda akan mendapatkan email yang menginformasikan data login akun live. Anda juga bisa mengeceknya di Member Area, tepatnya di bagian Kredensial Platform.

Cara Daftar IC Markets - Verifikasi 3
7. Sebagai bagian terakhir dari cara daftar IC Markets ini, silahkan unduh platform trading pilihan Anda di sini:

Aplikasi platform bisa dibuka dan dijalankan dengan data login akun yang Anda terima via email, atau yang tertera di Kredensial Platform.

Setelah berhasil menjalankan seluruh cara daftar IC Markets di atas, Anda masih perlu mengisi dana di akun trading. Panduan deposit di IC Markets bisa Anda dapatkan di sini.