Proses mendaftar ke broker saham dan buka rekening efek jaman sekarang sudah jauh lebih mudah daripada beberapa dekade yang lalu. Perkembangan internet memungkinkan pendaftaran untuk dilakukan secara online, tanpa perlu jauh-jauh datang langsung ke kantor pialang. Persyaratan modal awal untuk buka rekening efek juga makin ringan, bisa dilakukan bahkan mulai dari nol rupiah atau sekitar seratus ribuan saja.

Secara lebih terperinci, berikut ini urutan langkah-langkah untuk mendaftar ke broker saham dan buka rekening efek di Indonesia:

 

1. Pilih broker saham Anda.

Anda dapat menemukan daftar broker saham di situs OJK, situs Bursa Efek Indonesia, ataupun sumber lain di internet. Rekomendasi kawan dapat diperhatikan untuk memilih broker saham terbaik. Yang penting, pastikan bahwa broker saham tersebut telah mengantongi ijin dari OJK dan benar-benar anggota Bursa Efek Indonesia.

Bursa Efek Indonesia

 

2. Ketahui dan siapkan syarat-syarat untuk buka rekening efek di broker tersebut.

Biasanya, proses pendaftaran hanya membutuhkan empat dokumen:

Namun, broker saham dapat menentukan syarat dokumen tambahan.
Selain itu, setiap broker juga memiliki ketentuan modal awal minimum yang berbeda-beda. Buka rekening efek tak butuh biaya apapun, alias gratis. Namun, rekening efek harus langsung diisi modal saat Anda baru membukanya, yang mana modal itu nantinya dapat digunakan untuk membeli saham. Inilah yang dimaksud dengan syarat modal minimum.

Besar syarat modal minimum ini berkisar mulai dari Rp0, Rp100,000, Rp 1,000,000, hingga beberapa juta Rupiah. Pastikan Anda sudah mengetahui ketentuan broker saham serta menyiapkan semua dokumen dan dana yang dibutuhkan, sebelum memulai pendaftaran.

 

3. Mulai mendaftar ke broker saham.

Dahulu, kita hanya bisa mendaftar ke broker saham dengan datang langsung ke kantornya. Namun, kini pendaftaran bisa dimulai secara online, melalui website broker saham pilihan Anda. Klik "Register", "Mendaftar", atau opsi serupa lainnya yang muncul pada halaman muka.

Cara Mendaftar Broker Saham

Setelah itu, Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran serta membaca beberapa dokumen penting. Kemudian:

 

4. Verifikasi data.

Setelah kiriman Anda sampai ke tujuan, pihak broker saham akan mengontak Anda untuk verifikasi data melalui telepon atau nomor ponsel Anda, serta mengonfirmasi jumlah modal awal yang siap disetorkan. Tanggapilah baik-baik dan sampaikan sesuai kondisi yang telah Anda cantumkan dalam formulir sebelumnya.

 

5. Menunggu konfirmasi broker.

Setelah itu, Anda kemungkinan harus menunggu beberapa pekan, antara 2-4 minggu agar broker mengonfirmasi data dan membukakan rekening investor bagi Anda. Apabila semuanya sudah selesai dan rekening efek telah aktif, broker saham tersebut akan mengirimkan nomor rekening investor beserta UserID dan Password untuk mengakses platform trading online ke email Anda.

Mudah sekali bukan!? Apabila rekening efek sudah aktif, Anda bisa langsung mengunduh dan memasang platform trading online untuk membeli dan menjual saham-saham favorit. Keuntungan bisa ditarik langsung dari rekening investor ke rekening bank Anda (sesuai dengan nomor rekening bank yang Anda cantumkan pada formulir pendaftaran.