Trading emas online, atau yang sering disebut juga trading gold, bisa jadi lebih menguntungkan dibandingkan investasi emas fisik. Namun, pergerakan harga yang nampak dalam platform trading online itu naik-turun dengan sangat cepat sekali. Bagaimana cara kita mendapatkan keuntungan dari trading gold? Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai dua cara trading gold yang menguntungkan dan mudah dipraktikkan oleh trader pemula.

Cara Trading Gold

 

1. Cara Trading Gold Untuk Jangka Pendek (Scalping Gold)

Strategi scalping ditujukan untuk mendapatkan keuntungan sedikit, tetapi sering. Trader yang menggunakan strategi ini umumnya memanfaatkan timeframe kecil (antara 1 Menit hingga 15 Menit) dengan target keuntungan antara 5-10 pips setiap kali close posisi. Berikut ini langkah-langkah untuk scalping gold:

Cara Trading Gold - Scalping

Strategi scalping gold bisa menguntungkan dalam jangka pendek, jika Anda termasuk trader beruang yang mampu menyiapkan modal besar. Mengapa demikian? Karena keuntungan yang hanya 5-10 pips per posisi trading itu bisa digerus oleh biaya-biaya seperti komisi dan koneksi internet, apabila modal trading Anda minim. Belum lagi kelelahan psikis karena harus terus menerus memonitor pergerakan di atas chart.

Agar keuntungan cukup berimbang, maka trader direkomendasikan open posisi sebesar 1 lot dengan leverage maksimal 1:100. Oleh karena itu, modal harus besar juga, atau setidaknya antara USD500-1000. Trader juga sebaiknya berlatih teknik ini dalam akun demo dahulu, baru kemudian mempraktekkannya dalam akun riil.

 

2. Cara Trading Gold Untuk Jangka Menengah (Swing Trading)

Apabila Anda enggan setiap hari tegang memantau monitor, maka cara trading gold kedua ini bisa jadi lebih cocok untuk diterapkan. Dalam strategi ini, Anda cukup open dan close posisi sebanyak satu kali setiap bulannya, dengan memerhatikan siklus musiman.

Perhatikan siklus return bulanan emas sejak tahun 1973 di bawah ini:

Siklus Musiman Gold

Dari siklus tersebut, dapat disimpulkan bahwa harga Gold cenderung meningkat setiap bulan Januari, Februari, Agustus, September, November, dan Desember. Oleh karena itu, kita akan berfokus untuk mendeteksi titik entry yang tepat agar bisa buy optimal pada enam bulan tersebut. Langkah-langkahnya:

Cara Trading Gold - Swing

Skenario Sell sebaiknya hanya dilakukan pada bulan-bulan yang kecenderungan harganya menurun, yaitu pada bulan Maret dan Oktober. Cara trading gold yang diterapkan serupa, hanya saja dari arah kebalikannya. Artinya, Anda tetap menggambar Fibonacci Retracement dari bulan sebelumnya, kemudian menunggu harga meningkat hingga ambang Fibonacci 0.5 atau 0.382 untuk dijadikan acuan open posisi sell. Amat simpel dan mudah bukan!? Bukalah akun demo di broker favorit, lalu coba terapkan strateginya sekarang juga.