Salah satu layanan unik dari broker FBS yang berlaku mulai akhir 2014 lalu, Fix Rate USD/IDR, merupakan fasilitas deposit dan penarikan broker yang sangat berguna bagi trader Indonesia. Pasalnya, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membayar ataupun menarik dana trading dengan kurs tetap.

Nilai tukar Rupiah terhadap USD yang tidak menentu umumnya akan menjadi bahan pertimbangan khusus sebelum trader mendepositkan atau menarik kapital dari akun tradingnya. Jika nilai Rupiah terbilang melemah, trader yang hendak mendepositkan dananya akan mencoba mengurangi kerugian dengan menunggu saat yang tepat ketika Rupiah mulai menguat.

Hal yang sebaliknya juga berlaku pada proses penarikan apabila trader ingin mendapatkan untung dari naik turunnya kurs Rupiah terhadap Dolar AS. Jika memang demikian keadaannya, maka trader tidak akan bisa melakukan proses deposit dan penarikan dengan bebas dan sesuai kebutuhan. Terlebih lagi, jika nilai Rupiah terus melemah trader akan mengalami kesulitan menentukan saat yang tepat untuk deposit maupun penarikan.

kurs tetap fbs

Dengan adanya fitur fix rate, trader tidak perlu mengkhawatirkan tentang pengaturan waktu pembayaran dan penarikan yang tepat. Meski tidak bisa mengambil keuntungan dari naik turunnya kurs USD/IDR, fitur ini dapat mempermudah  trader dalam melakukan deposit dan penarikan. Pada dasarnya, penambahan deposit dan penarikan keuntungan semestinya menjadi bagian dari sistem trading yang disusun untuk mengelola balance dan membatasi resiko trading. Hal ini lantas menjadikan deposit dan penarikan sebagai suatu proses yang dilakukan sesuai kebutuhan trading, bukan hal yang bergantung pada perubahan nilai tukar mata uang yang dipergunakan.

Sebagai salah satu broker forex yang tengah berkembang pesat di Indonesia, broker FBS menyediakan layanan fix rate untuk memungkinkan deposit dan penarikan yang dihitung dengan kalkulasi tetap 10.000 IDR/1 USD. Sebelumnya, broker ini memang telah menyediakan fasilitas-fasilitas khusus yang mempermudah trader Indonesia, seperti menambahkan support Bahasa Indonesia di situs utama, website berita dan analisa (FX Bazooka) FBS, transaksi dengan e-payment asal Indonesia FasaPay, hingga program bonus deposit via e-currency lokal tersebut. Berikut adalah cara mengaktifkan layanan fix rate di FBS:

Secara umum, fix rate FBS memang terdengar menguntungkan, namun masih ada beberapa ketentuan yang perlu Anda perhatikan sebelum benar-benar menggunakan layanan ini. Di bawah ini adalah daftar kelebihan dan kekurangan dari fasilitas kurs tetap di FBS:


Kelebihan:


Kekurangan:

 

Rupiah Menguat Atau Melemah, Rate Tukar Tetap Stabil

Fix rate dapat memudahkan penghitungan deposit dan penarikan, serta tetap menguntungkan meskipun nilai Rupiah nantinya bisa naik atau turun dari level 10.000. Misalnya saja, ketika Rupiah melemah dan nilai tukarnya naik melebihi level 10.000 IDR per 1 USD, deposit dengan kurs tetap 10.000 IDR tentu akan meringankan nominal yang perlu Anda bayarkan.

Meski saat ditarik kembali besaran dana yang dirupiahkan bisa lebih sedikit daripada ketika Anda melakukan penarikan dengan kurs USD/IDR yang sesungguhnya, setidaknya Anda tidak perlu repot menunggu Rupiah melemah untuk bisa mengambil keuntungan dari proses penarikan ini. Dengan demikian, jumlah yang Anda depositkan dan yang ditarik nanti benar-benar akan mencerminkan hasil trading Anda.

keuntungan fix rate

Di sisi lain, keuntungan penarikan dengan kurs tetap dapat Anda rasakan ketika Rupiah menguat di atas angka 10.000 per 1 USD. Dalam situasi seperti ini, penarikan pada akun yang tidak mengaktifkan fix rate akan menampilkanhasil yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan perolehan penarikan pada akun pengguna fitur kurs tetap.

Meski deposit yang perlu dibayarkan nantinya bisa lebih banyak dari akun biasa, stabilitas bisa menjadi faktor yang menguntungkan di sini. Paling tidak, Anda bisa mendepositkan nominal yang sama setiap kali Anda menambahkan modal trading tanpa perlu mencemaskan tentang nilai tukar USD/IDR.

Layanan fix rate broker FBS merupakan fasilitas trading untuk Anda yang menginginkan penghitungan tetap pada setiap proses transaksi dengan broker. Adanya komisi transfer kadang juga turut menjadi perhitungan tersendiri dalam proses deposit dan withdarwal.

Tanpa kalkulasi tetap, biaya tersebut bisa bertambah atau berkurang sesuai kurs USD/IDR yang berlaku. Dalam pembahasan mengenai sistem trading yang baik, Anda selalu disarankan untuk bisa memperkirakan profit dan loss di angka yang konsisten. Untuk mendukung metode tersebut, penggunaan fix rate dapat mempermudah kalkulasi dana real yang bisa Anda suntikkan sebagai tambahan modal maupun hasil trading yang dapat ditarik.

 

Selain fix rate, FBS masih punya sederet promo dan bonus menarik lainnya. Apa sajakah itu? Temukan info lengkapnya di artikel: Bonus deposit FBS dan cara memaksimalkannya sebagai peluang trading.