Pembagian deviden adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para investor saham saat menanamkan modal di emiten. Semakin baik kinerja sebuah perusahaan, maka semakin besar pula peluang nilai deviden yang dibagikan kepada para investor. Tentunya, hal tersebut menjadi pertimbangan khusus bagi investor saat memilih emiten pada awal trading.

Salah satu emiten yang melakukan pembagian deviden secara rutin adalah Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJBR). Pada tahun 2016, BJBR melakukan pembagian deviden sebesar Rp84.9 per lembar saham. Nilai itu mengalami sedikit peningkatan pada tahun 2017, yakni menjadi Rp89.0 per lembar saham. Sedangkan pada tahun 2019, keuntungan yang dibagikan kepada investor pun mengalami kenaikan sebesar Rp89.4 per lembar saham.

analisis teknikal emiten bjbr

Kondisi tersebut mengindikasikan kinerja BJBR semakin baik. Selain terpantau dari nilai deviden, peningkatan kinerja emiten ini juga dapat dilihat dari nilai Earning Per Share (EPS), yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Karena itu, saham BJBR dapat menjadi pertimbangan untuk dikoleksi oleh investor.

 

Analisis Teknikal BJBR

Sebagai penyempurna keputusan trading, ada baiknya juga memperhatikan analisis teknikal (dilihat dari indikator Pivot dan Stochastic) dari emiten BJBR sebagai berikut.

grafik analisis BJBR

Rekomendasi: Buy (1,500-1570)

Kesimpulannya, saham BJBR bergerak fluktuatif dengan penguatan harga yang diprediksi masih akan berlanjut. Indikator Stochastic menunjukkan Golden Cross, dan indikator Pivot juga menunjukkan sinyal Buy.