Saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) diproyeksikan menguat pada perdagangan, Senin (23/September). Sebelum melakukan aksi buy, sebaiknya cermati analisis teknikal HMSP dari 5 indikator berikut ini.

Sampoerna

 


1. Indikator Moving Average (MA) 20
Berdasarkan grafik di bawah ini, garis MA periode 20 bergerak akan memotong candlestick, yang menunjukkan kondisi Uptrend. Kondisi ini menunjukkan sinyal BUY.

analisis teknikal saham HMSP

2. Indikator Bollinger Bands
Candlestick memotong garis bawah Bollinger Bands dari bawah ke atas yang mengindikasikan peluang BUY.

3. Indikator ADX
Garis ADX berada di bawah -DI yang menunjukkan sinyal harga melemah atau Downtrend. Penurunan itu didukung dengan -DI yang berada di atas +DI. Tren pelemahan lebih besar dibandingkan tren kenaikan. Dengan begitu, indikator ADX menunjukkan sinyal SELL dalam kondisi profit-taking. Namun, trader dapat melakukan HOLD sampai menghasilkan keuntungan. Karena umumnya, penurunan pada saham-saham blue chip, seperti HMSP ini, hanya koreksi sentimen negatif sementara.

4. Indikator RSI
Garis berada di atas 30 dan di bawah titik tengah 50 serta di bawah level 70. Ada indikasi terjadi momentum Centerline Crossover yang mengindikasikan perubahan tren yang sebelumnya mengalami penurunan menjadi kenaikan. Dengan begitu, indikator RSI menunjukkan sinyal BUY.

5.Stochastic
Indikator stochastic mengarah ke sinyal Golden Cross. Hal tersebut dapat dilihat dari %D memotong dari bawah Smoothed %D menuju ke atas garis Smoothed %D. Harga diharapkan kembali meningkat. Dengan begitu, indikator stochastic menunjukkan sinyal BUY.


Kesimpulan
Dari 5 indikator di atas, 4 di antaranya menunjukkan sinyal BUY. Hanya pada indikator ADX yang menunjukkan sinyal SELL. Namun, harga saham bersifat fluktuatif, jadi tidak selalu sama persis dengan hasil indikator. Hal tersebut dikarenakan adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi, seperti kondisi makro ekonomi, sentimen negatif sampai faktor fundamental lainnya. Penulis menyarankan investor sebaiknya menggunakan banyak indikator dalam analisis teknikal maupun fundamental.