Banyak orang akan mengatakan bahwa Anda tak mungkin trading saham tanpa modal, karena beli saham pasti butuh uang. Faktanya, meski beli saham pasti butuh uang, tetapi uang yang dijadikan modal bisa diperoleh secara cuma-cuma tanpa merogoh kantong Anda sendiri. Anda bahkan bisa mendapatkan modal trading saham secara gratis itu dari berbagai sumber, bukan cuma satu saja. Bagaimana caranya? Coba simak dua trik yang sudah dibuktikan oleh penulis dan beberapa teman berikut ini.

 

1. Modal Trading Saham Gratis Dari Doorprize Training dan Seminar

Pernahkah Anda mengikuti kegiatan (event) seperti training, seminar, atau webinar mengenai saham? Atau boleh jadi, Anda pernah menghadiri acara tahunan Investival yang digelar oleh Bursa Efek Indonesia di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota besar Indonesia? Dalam event-event tersebut, seringkali ada doorprize berupa saldo yang akan langsung ditransfer ke rekening efek peserta. Inilah peluang pertama Anda untuk memperoleh modal trading saham secara gratis.

Trik Dapatkan Modal Trading Saham Secara Gratis

Doorprize itu besarnya antara Rp100,000 hingga Rp300,000. Bisa diperoleh dengan menjawab pertanyaan tertentu, mengajukan pertanyaan menarik, atau bahkan hanya dengan sekedar hadir saja. Menarik sekali, bukan!? Lebih penting lagi, yang menawarkan bukan satu-dua perusahaan sekuritas saja. Hampir semua perusahaan sekuritas pasti menawarkannya saat menggelar seminar atau training saham bagi pemula, dengan tujuan untuk menarik Anda bergabung dengan mereka.

Apabila Anda benar-benar pemula dalam bidang investasi saham, Anda juga bisa memperoleh modal trading saham gratis ini sembari belajar. Caranya dengan mengikuti acara Sekolah Pasar Modal (SPM) atau Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) yang diadakan secara rutin oleh kantor Bursa Efek Indonesia terdekat. Saat mendaftar untuk mengikuti acara, Anda biasanya diminta untuk membayar Rp100,000. Uang pendaftaran itu akan dikonversi menjadi saldo dalam rekening efek Anda yang baru dibuatkan setelah acara usai. Selama kegiatan berlangsung, Anda juga bisa mengambil kesempatan untuk menyabet doorprize yang rata-rata bernilai Rp100,000 dan akan langsung ditambahkan ke rekening efek Anda kelak. Jadilah, modal trading saham gratis untuk merintis karir Anda di bursa.

 

2. Modal Gratis Dari Hadiah Lomba Trading Demo (Simulasi Trading)

Seiring dengan makin giatnya upaya Bursa Efek Indonesia untuk menggaet investor lokal, maka makin ramai pula diadakan lomba trading demo atau lomba simulasi trading saham. Ada yang digelar oleh perusahaan sekuritas, ada pula yang disemarakkan oleh universitas atau lembaga tertentu.

Lomba-lomba itu biasanya dapat diikuti secara cuma-cuma, tanpa membutuhkan modal sama sekali, atau hanya membutuhkan sedikit uang pendaftaran saja. Lomba juga bisa diikuti oleh individu ataupun berkelompok. Terapkan analisis teknikal maupun analisis fundamental, strategi apapun yang dikuasai. Apabila berhasil menang atau setidaknya meraih posisi dalam peringkat 10 besar, 5 besar, atau 3 besar, maka Anda dapat membawa pulang hadiah yang berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah! Sungguh menggiurkan.

Nah, jika trik pertama tadi kurang cocok bagi Anda karena hanya menawarkan modal trading saham gratis dalam jumlah minim, maka trik kedua ini bisa jadi alternatif berikutnya. Apalagi jika Anda masih berstatus sebagai mahasiswa, maka pojok-pojok bursa yang dibuka di berbagai universitas terkemuka biasanya mengedarkan selebaran mengenai lomba trading saham terkini yang dapat Anda ikuti. Piala atau medali yang diperoleh dari lomba bisa meningkatkan prestise Anda di mata rekan dan dosen, sedangkan hadiah uang tunainya bisa dijadikan modal trading saham sungguhan.

Jadi, trik mana yang akan Anda coba? Trik pertama, atau kedua, atau dua-duanya? Seandainya kedua cara ini gagal, Anda tetap bisa belajar simulasi trading saham online secara gratis. Sudah banyak penyedia fasilitas ini, mulai dari situs Kontan, situs Stockbit, hingga beberapa aplikasi mobile yang dapat diunduh via Google Playstore. Semuanya bisa dimanfaatkan hanya dengan modal koneksi internet saja, tetapi dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan Anda untuk dijadikan bekal saat trading saham sungguhan. Setelah merasa mampu, mulailah main saham dengan modal kecil dahulu, kemudian tingkatkan investasi secara bertahap.